Prestasi

MUAMMAR 2019 MADIN MU B.05 RANTING SIDOGIRI RAIH JUARA 1

0

Penulis: Ustd. Astutik Maimuna, S.Pd

Jember, MIFUL News – Santri-santri Madrasah Diniyah (MADIN) Miftahul Ulum Ranting B:05 Sidogiri Yayasan Pondok Pesantren MIftahul Ulum (YPP MU) terus mendulang prestasi. Kali ini prestasi membanggakan mereka raih melalui ajang Musabaqoh Antar Murid Madrasah Ranting (MUAMMAR) Sidogiri Pasuruan Tipe B-Jawa yang dilaksankan di Ranting B:48 Sumberkejayan Jember. Dalam laga antarsantri yang menggelar sejumlah cabang lomba seperti Praktek Sholat, Menulis Arab Baik dan Benar, Muhafadhah Shorrof, Qiro’atul Kutub, Qi’ro’atul Qur’an, Kuis Al-Miftah dan Kuis Pendidikan tersebut, santri MADIN YPP MU meraih Juara I Lomba Qiro’atul Qur’an, Juara II  Menulis Arab Baik dan Benar dan Juara II Muhafadhah Shorrof Lugowi Istilahi di ajang tersebut.

Untuk kesertaan di semua mata lomba, MADIN YPP MU mengirim 16 santri terbaiknya yang kebetulan semuanya santri Banin (laki-laki). Namun, dari 16 santri tersebut ada tiga santri yang berhalangan tidak ikut karena sakit, “padahal ketiga santri tersebut sudah sangat matang persiapannya.” ujar Ust. Asmoni, S.Pd.I dengan wajah sedih. Keberangkatan mereka dari YPP MU didampingi langsung oleh Kepala Madrasah Ust Asmoni, S.Pd.I dan lima Asatizd MADIN sebagai official resmi rombongan YPP MU.

Musabaqoh Antar Murid Madrah Ranting (MUAMMAR) adalah ajang kompetisi antar Pondok Pesantren yang meranting ke Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dan rutin setiap tahun digelar. Maka, tidaklah heran, jika turut hadir 65 Ranting B-Jawa Sidogiri dan ratusan peserta delegasi dari berbagai pondok pesantren yang terkenal meraih juara, antara lain PP Langkap Besuki, PP Ranu Pakis Jember, PP Karang Bayat Jember, dan lain-lain.

Motivasi dan semangat pada diri santri delegasi MADIN YPP MU adalah hal wajar, mengingat mereka diutus untuk mewakili MADIN YPP MU tidak begitu saja dipilih secara acak. Satu bulan sebelumnya, mereka telah lolos melalui seleksi ketat yang di-handle langsung oleh Ust. Makinun Amin Guru Tugas dari Sidogiri Pasuruan dan Asatizd MADIN. Selanjutnya terhadap mereka yang terpilih diberi bimbingan dan pembekalan agar mereka siap berlaga diajang besar seperti MUAMMAR tersebut.

Akhirnya, tiada usaha yang sia-sia. Ketekunan mereka selama satu bulan penuh menggembleng diri sukses membuahkan hasil yang luar biasa. Badrus Sholeh (15), santri YPP MU yang berlaga di Qiroatul Qur’an dinobatkan sebagai Juara Ke-I, Ach. Gufron Arifuddin (13) sebagai Juara II Menulis Arab dengan Baik dan Benar dan Aldi Fachrillah  (15) Juara II Muhafadhoh Sorrof Istilahi dan Lugowi.

Kepulangan mereka ke YPP MU disambut begitu hangat oleh Pengasuh dan segenap Majelis Keluarga YPP MU. Menurut Pengasuh, Abuya KH Moh. Hayatul Ikhsan, M.Pd.I, bukan juara yang menjadi prioritas setiap kali para santri mengikuti ajang lomba, melainkan pengalaman yang lebih berharga dan utama. “Menjadi juara hanyalah bonus yang didapat berkat ketekunan dan keseriusan dalam mempersiapkan diri,” ujar beliau. Kepada para peserta, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Aszatid/Aszatidah MADIN B.05 dan selamat atas prestasi yang telah didapat. Demikian juga, seluruh santri YPP MU, khususnya di Asrama Banin, merasa sangat senang dan bangga terhadap fakta bahwa santri YPP MU sukses membawa pulang prestasi juara.  Kegembiraan dan kebanggaan mereka meletup-letup dan itu membuncahkan motivasi bagi mereka untuk terus meningkatkan semangat belajar. ‘Ala kulli hal, penting mereka sadari bahwa keberhasilan ini tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Dan tentunya, mereka masih butuh kerja keras yang lebih ekstra lagi agar terus tumbuh dan berkembang untuk bisa menjadi yang terbaik.(Miful/AM)

0

OUTDOOR ACTIVITY RAJA 46 Naik Kereta Api, Tut Tut Tut!

Previous article

DAUROH AL-QUR’AN MENINGKATKAN WAWASAN GURU YPP MU

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Prestasi