Berita

Festival Hadrah al-Banjari se-Jawa dan Bali YPP MU UTUS TIGA GRUP HADRAH

0

Penulis: Ustd. Astutik Maimuna, S.Pd.

Banyuwangi,  MIFUL News-  Tepat tanggal 29 April 2018, pada hari Ahad grup hadrah di asrama Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) Bengkak Wongsorejo Banyuwangi mengikuti Festival Hadrah Al Banjari (FESBAN) se-Jawa dan Bali. Acara tersebut diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Banyuwangi.

Hadrah di asrama YPP MU terdiri dari tiga grup, satu grup di asrama putra dengan nama hadarah Ibnus Surur, sedangkan di asrama putri terdiri dari dua grup hadrah, yaitu hadrah Al Mabrur yang sudah genap terbentuk satu tahun dan hadrah Zahrotul Qolbi merupakan hadrah putri yang baru beberapa bulan terbentuk.

Pembukaaan acara FESBAN tepat pukul 09.30 WIB. Pembawa acara mengawali dengan pembacaan Surat Al Fatihah dengan harapan acara FESBAN seJawa-Bali ini berjalan dengan lancar dan sukses. Seluruh peserta FESBAN terlihat sangat antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang digelar di halaman STIKOM Banyuwangi.

Pelaksanaan acara FESBAN ini sudah berlangsung selama tiga tahun. Tahun pertama hanya se-Banyuwangi, sedangkan tahun kedua dan ketiga cakupan se-Jawa-Bali. Acara FESBAN se-Jawa-Bali ini diadakan bukan hanya untuk berlomba-lomba mencari kemenangan. ”Kemenangan hanya penghargaan bagi peserta terbaik, mempererat tali silaturohmi antara sesama itu tujuan kami,” tegas ketua ROHISTI (rohani islam STIKOM) dalam sambutannya.

Acara FESBAN dimulai sesuai dengan nomer urut peserta. Lalu, kemudian dipanggil satu persatu oleh panitia untuk memberikan penampilan terbaiknya. Hadrah Zahrotul Qolbi tampil pertama kali mewakili  YPP MU dengan nomer urut 10. Menyusul Hadrah Al Mabrur dengan nomer urut 11 dan hadrah Ibnus Surur tampil di nomer urut 40.

Usai penampilan kedua grup Hadrah Al Mabrur dan Zahrotul Qolbi, salah satu dewan juri menghampiri. Beliau menyampaikan penampilanya sangat luar biasa. Beliau mengacungkan jempol untuk Al Mabrur dan Zahrotul Qolbi. “Semangat ya, mudah mudahan menjadi yang terbaik,” imbuh beliau.

Nyai Hj. Nur Mahmudah, S.Ag selaku Kabag Asrama Putri sekaligus Ibu Nyai Pengasuh mendampingi acara FESBAN. Beliau menuturkan bahwa penampilannya sudah sangat bagus, semangat dan terus berlatih. ”Hadrah Al Mabrur, Zahratul Qolbi, dan Ibnus Surur tampil dengan maksimal merupakan kebanggaan bagi kami,” dawuh beliau penuh semangat.

Fathur Rohman Wahid, selaku Ketua Panitia mengungkapan bahwa diadakannya FESBAN tersebut guna untuk mengenalkan pada khalayak umum bahwa mahasiswa STIKOM tidak hanya coding di depan komputer, tetapi, berorganisasi dengan UKM ROHISTI dan berkarya lewat beberapa program kerja yang di antaranya dengan menyalurkan sarana hobi bermain musik dengan versi hadrah.(Miful/AMm)

AKHIRUSSANAH, AJANG REFLEKSI PRESTASI SANTRI YPP MU

Previous article

Nishfu Sya’ban 1439 H LEPAS PISAH GURU TUGAS PP SIDOGIRI

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita