Berita

KHOTMIL QUR’AN MERIAHKAN PERINGATAN ISRO’ MI’ROJ

1

Penulis: Usth. Astutik Maimuna, S.Pd.

Bengkak, MIFUL News – Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia. Begitu juga di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) yang setiap tahun selalu memeriahkan peringatan tersebut.  Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis malam Jum’at 26 Rojab 1439 yang bertepatan tanggal 13 April 2018.

Acara ini diprakarsai langsung oleh Pengurus Asrama Banin dan Banat. Pada tahun ini Moh. Nawawi Wahmi ditunjuk sebagai ketua panitia dan dibantu oleh segenap pengurus. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara ini dilaksanakan di dalam Masjid Nurul Ulum Bengkak. Acara dimulai pukul 18.00 WIB. Di awali dengan sholat Maghrib berjama’ah, santri banin dan banat, wali santri, para dewan guru YPP MU, dan masyarakat sekitar terlihat sangat antusias, mereka berbondong-bondong datang guna untuk meriahkan ulang tahun sholat (isro’ mi’roj) dan mengharap syafa’at dari Nabi Muhammad SAW.

Setelah sholat Maghrib berjam’ah acara dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an oleh santri banat dan pembacaan do’a Khotmil Qur’an oleh santri banin. Kegiatan Khotmil Qur’an ini rutin dilaksanakan tiap tahun bersamaan dengan kegiatan Isro’ Mi’roj. Ada sekitar 51 santri yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka merupakan santri kelas akhir dari lembaga MTs. Dan MA Miftahul Ulum.

Kegiatan ini merupakan ajang unjuk gigi bagi para santri, mengingat semua panitia dan petugas dalam kegiatan ini ialah santri aktif di YPP MU. Yoga Alfian dengan sangat gamblang berpidato di depan para jama’ah membahas tentang peristiwa isro’. Dilanjutkan dengan Khodijatul Kubro perwakilan santri putri dengan tema mi’roj.

Abuya KH. Mohammad Hayatul Ikhsan, M.Pd.I, dalam tausiahnya menuturkan kepada semua hadirin untuk menjadikan sholat sebagai sarana mengetuk pintu langit menuju surga sekeluarga. Dengan peringatan ini diharapkan bisa membawa energi positif sehingga dapat mempraktikkan kandungan nilai-nilai tentang kokohnya perjuangan Nabi Muhammad SAW.(Miful/AMm).

MULIAKAN BULAN RAJAB, RAJA GELAR FESTIVAL

Previous article

AKHIRUSSANAH, AJANG REFLEKSI PRESTASI SANTRI YPP MU

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Semangat…..

Comments are closed.

More in Berita