Berita

Ustadz GT Sidogiri Serahkan Hibah Buku Berharga kepada Rumah Baca Sophia: Langkah Besar Memajukan Literasi di Wongsorejo

0

Penulis: Moh. Khoirul Anam

Alasrejo, MIFUL News – Selasa tanggal 02 Juli 2024 malam lalu telah berlangsung serah terima hibah buku dari Ustaz Maulana Ishaq kepada Pengurus Rumah Baca Sophia (RBS). Ustaz Maulana sendiri ialah ustaz yang ditugaskan oleh Pondok Pesantren Sidogiri untuk melaksanakan program pengabdian di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) Bengkak selama tahun ajaran 1445-1446 H. Pada acara penyerahan buku tersebut dihadiri oleh Mas Moh Syafiq Alfawazy (perwakilan pengurus RBS), Mas Moh. Kholil (koordinator RBS), dan Ustaz Maulana sendiri yang lebih masyhur dipanggil Ustaz GT.

Mas Syafiq menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya sewaktu menerima buku-buku hibah tersebut. Selain untuk menambah koleksi buku RBS, inisiatif Ustaz GT untuk menghibahkan buku pribadinya tentu dapat mempererat hubungan silaturahmi yang terjalin. Mas Syafiq menekankan bahwa semangat dan antusiasme dari sang ustaz guna mendukung perkembangan RBS patut dijadikan teladan. “Beliau bukan alumni, hanya ditugaskan dalam masa kurang dari setahun. Akan tetapi, semangat dan antusiasnya patut diajungi jempol,” komentar Mas Syafiq. Ia juga berharap para alumni dapat lebih giat lagi menunjukkan dukungan dan bantuan guna mengembangkan RBS, utamanya dalam melengkapi sarana dan prasarananya. Jikalau tidak mampu memberi manfaat langsung, sekurang-kurangnya para alumni dapat berperan aktif dalam meramaikan kegiatan dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Adapun tujuh buku yang dihibahkan oleh Ustaz GT sebagaimana berikut, Melodi Patah Hati, Rasa Bernama Setia, Mama untuk Si Kembar, Menembus Batas, Pujaan Hati Sang Penjaga Hati, Calon Istri, dan Bait-Bait Memori. Buku-buku dengan beragam genre ini merupakan karya beliau yang ditulis beberapa tahun terakhir. Beliau juga berharap nantinya dapat menerima feedback berupa ulasan. Kritik, dan saran dari para pembaca. “Harapan kami melalui buku tersebut dapat meningkatkan minat baca-tulis di kalangan masyarakat dan menjadi sumber inspirasi bagi para pembaca dan penikmat literasi. Dengan demikian, semoga buku-buku ini dapat menambah khazanah keilmuan, khususnya keluarga besar RBS,” pungkas harap beliau.

Selama proses serah terima buku tersebut suasana berlangsung hangat diselingi obrolan ringan antara pengurus RBS dan Ustaz GT. Mas Kholil selaku koordinator RBS sempat memberi penjelasan singkat tentang sejarah dan tujuan didirikannya Rumah Baca Sophia. Menurut penuturannya RBS ini merupakan salah satu program yang digagas oleh Ikatan Mahasiswa dan Alumni Muda Miftahul Ulum (IMAMU MIFUL). Dengan tujuan untuk mewadahi literasi di Kecamatan Wongsorejo secara umum, dan bagi alumni Miftahul Ulum secara khusus maka dirintislah RBS ini. Seiring perkembangannya kini RBS memiliki beberapa program, diantaranya Tadarus Sejarah Peradaban Islam dan Diskusi Hadits Arbain yang digelar secara umum untuk lintas organisasi dan komunitas di Kecamatan Wongsorejo. Satu lagi programnya yang tidak kalah menarik adalah Baca Buku Free Ngopi.

Mas Kholil menyampaikan pula bahwa ia berencana untuk mengintegrasikan pemanfaatan buku hibah tersebut ke dalam program-program yang sudah berjalan dan yang akan datang. “Kami selalu menyambut dengan gembira para donatur buku dari berbagai pihak. Insya Allah kami akan terus berkolaborasi lebih lanjut dengan Ustaz Maulana, dan organisasi lain. Harapan kami, dukungan dari komunitas dan pihak lain dapat bersama-sama meningkatkan literasi dan kualitas sumber daya di Wongsorejo,” lanjut paparan Mas Kholil.

Pada kesempatan itu pula, Pengurus Rumah Baca Sophia mengucapkan banyak terima kasih kepada Ustaz GT dan semua donatur RBS atas hibah buku yang diberikan. Semoga buku-buku tersebut membawa manfaat bagi semua pihak. Anda yang hendak berdonasi selanjutnya bisa langsung dikirim ke Rumah Baca Sophia di Alasrejo Wongsorejo Banyuwangi, atau hubungi kontak person by WA (0877-5059-9996). Terima kasih. (Miful/MKA)

Acara Rutinan Terakhir IMAMU Jember: Momen Kebersamaan dan Silaturahmi Sebelum Liburan

Previous article

MENCETAK GURU YANG BAIK, TUGAS SIAPA?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita