Features

BERBENAH, MIFTAHUL ULUM KIAN BERKUALITAS

0

Penulis: Ika Nurjannah, S.Pd.I

Beberapa waktu terakhir ini, Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) tengah semangat-semangatnya melakukan pengembangan di berbagai bidang, terutama bidang Pendidikan.  Pengembangan ini dipandu langsung oleh Kabid Dikjar (Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran) dan Kabag LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan). Hal itu dilakukan dengan tujuan dan maksud untuk Miftahul Ulum lebih maju, kompeten dan berkualitas.

Inovasi demi inovasi dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut. ide, gagasan dan terobosan-terobosan baru ditempuh guna meningkatkan mutu pendidikan. Banyak usaha yang sudah dilakukan diantaranya mengadakan seminar, workshop dan diklat-diklat pendidikan. Tak hanya melibatkan guru melainkan semua pihak di masing-masing lembaga termasuk siswa, staff dan seluruh karyawan dibawah naungan YPP MU.

Tak tanggung-tanggung bahkan Abuya Fawaizul Umam, M.Ag selaku Ketua I YPP MU mendukung dan memfasilitasi usaha tersebut. Beliau mendatangkan konsultan pendidikan bertaraf nasional bernama Evi Ghozaly yang lebih akrab disapa Ning Evi, sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas dan kompetensi guru. Meningkatkan mutu dan kompetensi guru ini dirasa penting karena hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik dan bukti lembaga tersebut berkualitas. “Karena guru itu penentu utama kualitas pendidikan dan pembelajaran, Jika guru bermutu dan berkompeten, kita bisa berharap banyak murid-murid bakal bermutu dan kompeten juga,” ujar Abuya Fawaiz.

Tak hanya menjadi nara sumber ketika memberi materi, Ning Evi juga bersedia membantu dan mendampingi Miftahul Ulum berbenah. Beliau jatuh hati dan kagum akan semangat Miftahul Ulum, bahkan beliau berkenan menjadi konsultan terkait pengembangan pesantren dalam berbagai aspek. Semua keluarga besar pesantren bahkan pengasuh menyambut baik hal tersebut. Kabid Dikjar dan Kabag LPMP pun dengan sigap melangkah. Diawali dengan perbaikan sistem yang tak hanya mengontrol kedisiplinan guru dan murid tapi lebih dari itu, untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan.

Ada banyak hal menarik pasca pertemuan YPPMU dengan Ning Evi. Jika biasanya setelah workshop atau pembinaan tidak ada dampak yang cukup serius, berbeda halnya dengan kali ini. Perubahan demi perubahan dilakukan secara bertahap dan berkala mulai dari hal-hal yang remeh hingga hal yang signifikan. Meski banyak tantangan dan kesulitan saat memberlakukan aturan-aturan baru tapi Kabid Dikjar dan Kabag LPMP merasa puas atas perubahan yang ada. Hasilnya, kedisiplinan guru dan siswa meningkat  sebagaimana yang dikatakan oleh Ustadzah Rosyidah, S.Pd.I sebagai kabag LPMP, “Pemberlakuan poin degradasi dan reward sangat efektif sekali, ketika kami supervisi sudah tak banyak yang perlu diperbaiki.  Lembaga-lembaga sudah lebih disiplin dan adminitrasi juga sudah lebih tertib.”

Tak hanya itu, proses pembelajaran mulai tertata rapi diantaranya pengisian absen, jurnal kelas dan kelakuan murid di kelas. Kebersihan dan kerapian juga mulai terjaga, para murid sudah tampak membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kelas dan kerapian diri hingga cara mereka meletakkan sepatu. Hal ini dirasa sangat membantu para guru dan kepala madrasah dalam melaksanakan tugas. “Bagus sekali, ini sangat meringankan beban kita karena tanpa diingatkan siswa sudah tau apa konsekuensi yang harus diterima ketika melakukan pelanggaran, ”Ungkap Ust. Suyono, S.E sebagai guru sekaligus pelaksana Kepala Madrasah.

Berkat kerjasama yang solid dari semua pihak, Miftahul Ulum sudah lebih maju beberapa langkah. Semoga perubahan ini akan semakin baik lagi kedepannya, mengingat tantangan dunia pendidikan semakin berat terutama dalam membentuk karakter. “Kami sangat berterimakasih kepada segenap pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah dengan ikhlas dan penuh pengabdian melaksanakan tugas dengan baik hingga perubahan-perubahan positif ini bisa kita rasakan bersama,” ungkap Ust. Sudawi, S.Pd.I sebagai Kabid Dikjar.

*) Penulis adalah Guru Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum. Dan Guru Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bengkak Ranting B-05 Sidogiri.

Pahami Kurban Sebelum Berkurban

Previous article

PERKUAT LEADERSHIP, MTs MU GELAR LDK

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Features