Berita

GEBYAR MUHARRAM, YPP MU SANTUNI ANAK YATIM

0

Penulis: Hidayatul Akbar

Bengkak, MIFUL News – Bertempat di halaman Balai Latihan Kerja Komunitas Miftahul Ulum (BLKK MU), Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) kembali menggelar acara Gebyar Muharram. Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah. Pandemi masih ada, protokol kesehatan tetap menjadi perhatian. Peserta yang hadir masih dibatasi seperti tahun kemarin, yaitu hanya majelis keluarga YPP MU, guru, santri aktif, dan anak yatim.

Pada hari Senin, 9 Agustus 2021 acara Gebyar Muharram dilaksanakan. Tepat pukul 16.30 WIB semua jama’ah berkumpul di Masjid Nurul Ulum YPP MU untuk membaca dzikir dan doa akhir tahun. Setelah selesai, acara tersebut dilanjut dengan shalat maghrib secara berjamaah dan pembacaan doa awal tahun. Kemudian, secara tertib mereka menuju halaman BLKK MU.

Jam’iyah Hadrah Ihya’ul Ihsan pada kali ini bertugas untuk menyambut jamaah yang hadir selagi panitia membagikan susu putih kepada seluruh hadirin. Meminum susu putih ini sudah mulai menjadi tradisi di YPP MU setiap tahun baru islam sebagai bentuk tafa’ulan kepada Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki. Ustadz Abdul Wafi, S.Pd sebagai Pembawa Acara membacakan susunan acara yang terdiri dari enam kegiatan. Acara dibuka dengan tawassul oleh Ustadz H. Moh. Hamdun, S.Ag. Dilanjut kemudian dengan pembacaan burdah bersama yang dipimpin oleh Ustadz Asmoni, S.Pd.I.

Sambutan Pengasuh YPP MU mengisi acara selanjutnya. “Semoga dengan tahun baru Islam ini kita dapat lebih baik di tahun depan,” harap Pengasuh YPP MU dalam sambutannya. Beliau juga menyinggung perihal tradisi meminum susu putih yang diharap selain ingin mendapat barokah dari guru beliau, juga untuk mengharap perilaku kita satu tahun ke depan putih suci seperti susu putih tersebut.

Setelah sambutan pengasuh, acara santunan anak yatim sebagai acara inti pada bulan Muharram menjadi acara selanjutnya dengan dipimpin oleh Ustadz Rudi Hartono, S.Pd.I. Acara kemudian dilanjut dengan Mawaidzul Husna oleh Ustadz Hariyanto, S.Pd.I sebagai Kabid Kepesantrenan YPP MU. Beliau menjelaskan tentang asal usul tahun Hijriyah yang berawal dari hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah. Kemudian ditetapkan menjadi acuan kalender Islam pada masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab RA.” Jelas Ustadz Hariyanto, S.Pd.I. Kemudian acara tersebut berakhir dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz Moh. Syujak, S.Pd.I. Acara tersebut terlaksana dengan meriah dan sukses, yang tak luput dari hasil kerja keras panitia dalam mempersiapkan terselenggaranya acara Gebyar Muharram tersebut. Pengasuh YPP MU berharap acara yang sukses di awal tahun ini dapat menjadi awalan yang baik untuk berbagai acara yang akan diselenggarakan di YPP MU satu tahun ke depan. (MIFUL/HA)

DAMAI YA NAK

Previous article

NIKMAT DUNIA

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita