Berita

HAUL MAJEMUK, YPP MU BANJIR ORANG

0

Penulis: Ust. Mahrus Ali, A.md.Kom

Bengkak, MIFUL News – Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) menyelenggarakan Haul Majemuk Masyayikh (Sayyid Sulaiman dan Masyayikh Sidogiri, Abuya Sayyid Muhammad Alawiy Al-Malikiy ke-16, KHR. Syamsul Arifin ke-72, KHR. As’ad Syamsul Arifin ke-31, KHR. Ach. Fawaid As’ad ke-9, KH. Ach. Djazari ke-12, dan Para Pendiri, Leluhur, serta keluarga besar YPP MU). Kegiatan rutin tahunan ini digelar di halaman YPP MU pada hari Jum’at, 15 Januari 2021.
Tamu undangan berduyun-duyun datang ke acara haul majemuk. Alumni, Wali Santri, Simpatisan dan para tamu undangan hadir membanjiri halaman YPP MU. Sebelum masuk ke lokasi acara, mereka melalui protokol kesehatan dengan dicek suhu badan dan mencuci tangan. Selain cek suhu dan cuci tangan, mereka juga wajib memakai masker, bagi yang tidak memakai masker panitia menyediakan dengan gratis. Semua protokol kesehatan ketat ini dilaksanakan demi menjaga dan melindungi bersama dari virus covid-19.
Tepat pukul 14.00 WIB acara dimulai. Moh. Hosen sebagai Master of Ceremony membaca satu persatu rangkaian acara. Sebagai muqoddimah acara diawali dengan tawassul pembuka yang dipimpin oleh KH. Ishak Mawardi. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman rekap bacaan surat Al-ikhlas, surat Yaa Siin dan hataman al-Qur’an oleh Ust. Hariyanto. Dalam rekap ini dibacakan semua sumbangan bacaan dari semua guru, santri, alumni, wali santri, dan masyarakat umum dengan total bacaan surat Al-ikhlas sebanyak 11.678.172 kali, surat Yaa Siin sebanyak 17.349, dan hataman al-Qur’an dibaca 263 kali. Selanjutnya, acara diteruskan dengan pembacaan surat Yaa Siin dan tahlil oleh Kiyai Moh. Thobri.


Sambutan-sambutan menempati acara selanjutnya. Adapun sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Desa Bengkak. H. Must’ain sebagai Kades Bengkak mengharapkan agar selalu menjaga kesehatan. “Di masa pandemi ini kita harus bisa menjaga diri dan kebersihan agar selamat dari virus covid-19 ini,” pesan beliau.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Majlis Keluarga yang disampaikan langsung oleh Pengasuh YPP MU Abuya KH. Moh. Hayatul Ikhsan, M.Pd.I. Bahwa kita semua menghadiri acara ini semata-mata mengharap barokah dari para masyayikh yang kita hauli sekarang. Orang yang sholeh adalah orang yang selalu mendoakan orangtuanya. “Mudah-mudahan YPP MU ke depan tambah baik, maju, dan selalu memberikan manfaat untuk masyarakat,” dawuh beliau.
Acara seterusnya dilanjutkan dengan pengukuhan Laskar ZIS (Zakat Infaq Shodaqoh) oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi. Dikukuhkan Laskar ZIS ini yang diketuai oleh Ust. Abdul Wafi dengan tujuan agar mudah dalam mengumpulkan dan penyaluran zakat di lingkungan YPP MU. Kemudian kegiatan selanjutnya pembacaan sholawat Nabi yang dikumandangkan oleh Jamiyyah Hadrah Misbahus Surur.


Acara inti dalam kegiatan haul majemuk ini adalah Mauidhoh Hasanah. Mutiara kalam yang pertama disampaikan oleh KH. Moh. Tamim Sufyan dari Situbondo. Beliau menyampaikan akan pentingnya acara haul, bahwa dengan cara menghauli para masyayikh diharapkan kita semua mendapatkan aliran barokah dari para masyayikh yang kita hauli.
Ceramah yang kedua disampaikan oleh KH. Ali Makki Zaini. Beliau adalah Ketua PCNU Banyuwangi. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan pentingnya menirakati anak dan orang yang mencari ilmu atau mondok itu harus lama. Tidak cukup hanya 3 sampai 5 tahun saja, tapi minimal 7 tahun keatas.
Kemudian pamungkas acara diisi dengan pembacaan doa yang dibacakan langsung oleh KH. Ali Makki Zaini. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan aliran barokah dari para masyayikh dan YPP MU ke depan tambah maju, jaya dan selalu memberikan manfaat kepada masyarakat. Aamiin. (Miful/MA)

Alumni MU, Saudara Meskipun Tak Sedarah

Previous article

YAUMUL USRO, PERERAT IKATAN PERSAUDARAAN

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita