Berita

HAUL MIFUL, Dihadiri oleh Cicit Syekh Abdul Qodir al-Jailani

0

Penulis: Usth. Nur Isnaini Robi’ah, S.Pd

Bengkak, MIFUL News Kamis kemarin, 16 Desember 2021 Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) menggelar pengajian dalam rangka Haul Masyayikh. Tepa pukul 14.00 WIB Ustadz Suwarno selaku Master of Ceremony membuka acara.

Jamaah tidak mampu membendung haru ketika Ning Yasmin Najma Faliha membacakan ayat suci al-Qur’an bittilawah. Putri dari KH. Muhammad Nur Khotib asal Glenmore yang dikarunia suara emas. Acarapun kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin dan tahlil oleh  Kiai Muhammad Thabri dan KH. Ishaq Mawardi.

Hari itu, halaman YPP MU tampak dibanjiri jamaah. Ribuan orang yang hadir dinyatakan bukan hanya dari golongan santri, wali santri, alumni, dan simpatisan YPP MU saja. Akan tetapi, turut hadir berbagai elemen masyarakat, seperti Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wongsorejo, Ketua Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSSAS) Rayon Wongsorejo dan Banyuwangi, Pengurus Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORPIMCAM) dan jajarannya.

Adapun yang spesial pada haul kali ini adalah kehadiran Syekh Ammar Azmi ar-Rofadi al-Jailani al-Hasani bersama dengan istri. Beliau berdua adalah cicit ke-27 dan ke-29 dari yang mulia Syekh Abdul Qodir al-Jailani. Beliau juga adalah imam besar Masjid al-Aqsha Palestina. Hadir ke YPP MU bersama dengan KHR. Ach. Azaim Ibrahimy Sukorejo yang jauh-jauh hari sebelumnya memang diundang hadir untuk menyampaikan mawaidzul husna.

Namun demikian, menurut beliau Kiai Azaim bahwa kehadiran Syekh Ammar merupakan berkah dari para masyayikh yang sedang di-hauli. Oleh karena itu, mawaidzul husna pada pengajian ini disampaikan oleh Syekh Ammar, sedangkan Kiai Azaim sendiri berkenan menerjemah pidato Syekh Ammar yang asli berbahasa Arab seperti di negara asalnya.

Syekh Ammar mengajak jamaah untuk senantiasa bersyukur atas rahmat Allah dan berkah dari para masyayikh. Beliau memberi kesaksian bahwa masyayikh-masyayikh terdahulu, Abuya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, Masyayikh Pondok Pesantren Sidogiri, Masyayikh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, dan Masyayikh Miftahul Ulum adalah orang-orang mulia. “Bahkan batu, pepohonan, dan semua makhluk sudah terlebih dahulu ikut serta mendoakan masyayikh-masyayikh yang kita hauli sekarang ini,” dawuh beliau. “Momentum Haul ini perlu untuk dijaga dan dirawat karena haul semacam ini adalah sebagai sumber kebaikan turunnya rahmat dari Allah ta’ala,” imbuhnya.

Di akhir ceramah, beliau memimpin pembacaan doa. Para jamaah begitu khusyuk mengaminkan.

Dalam kesempatan ini pula, jajaran Pengurus YPPMU masa khidmah 2021-2026 dilantik. Dipandu langsung oleh Kiai Azaim selaku pengasuh pondok pesantren induk, Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.

Semoga kita semua senantiasa mendapat aliran barokah masyayikh. Juga, semoga pengurus yang baru saja dilantik dapat memegang teguh amanah yang diembannya. Aamiin.(Miful/NIR)

GOSIL BERAMAL

Previous article

MENJEMPUT CAHAYA

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita