Berita

Ijazah Sholawat pada Malam Isro’ Mi’roj Nabi, Abuya Hayat: InsyaAllah Maqbul

0

Penulis: Hamdi Hidayatullah

Bengkak, Miful News – Sudah menjadi rutinitas rutin setiap tahun, Pengurus Asrama Putra dan Putri Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) Bengkak Wongsorejo Banyuwangi masih konsiten menggelar khotmil Alquran dan pengajian umum pada malam 27 Rojab. Acara ini digelar dalam rangka memperingati peristiwa isro’ mi’roj Nabi Muhammad SAW. Istimewanya, tahun ini acara rutin tersebut ditambah dengan acara sema’an Alquran Juz 1-5. Sema’an tersebut dibacakan oleh santri tahfidz Asrama Putri.

Ahad malam Senin (27/03/2022) kemarin, Masjid Nurul Ulum kembali dibanjiri oleh masyarakat. Mereka berbondong-bondong untuk menghadiri Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad Saw. Untung saja, panitia memang sudah mengantisipasi hal itu dengan menyediakan alas duduk bagi muslimat di bagian pelataran depan masjid dan teras dhelem pengasuh. Tentunya panitia juga menyediakan proyektor agar muslimat yang di pelataran juga dapat melihat dan mengikuti rangkaian acara dengan khidmat.

Pengajian kali ini juga tidak hanya diikuti oleh jamaah yang hadir di Masjid Nurul Ulum, tetapi para alumni dan simpatisan yang berhalangan hadir juga ikut menyimak melalui live streaming. Ketua panitia, Alvi Nurrahmani berinisiatif untuk menayangkan siaran langsung pengajian isro’ mi’roj via YouTube pada akun YPP MU.

Setelah khotmil qur’an dan pembacaan do’a khataman selesai dibacakan oleh adik-adik santri kelas akhir, acara segera dimulai. Beberapa acara, seperti tilawah Alquran, lantunan sholawat nabawiyah , dan pidato singkat tentang kisah isro’ mi’roj yang sengaja ditampilkan oleh santriwan dan santriwati.

Adapun acara inti yang diisi dengan mawaidul husna disampaikan oleh KH. Moh Hayatul Ikhsan, M, Pd.I. Beliau berkisah sedikit tentang betapa sangat menakjubkan mukjizat isro’ mi’roj yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, beliau juga memberikan amalan yang dianjurkan di bulan mulia ini. “Salah satu amalan yang dianjurkan dan sampai saat ini bahkan menjadi tiang agama ialah sholat,” jelas beliau.

Dalam kesempatan itu, sebelum beliau mengakhiri tausiyah. Beliau juga mengijazahkan sebuah sholawat isro’ mi’roj ( Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin shohibil khotami waliwa i wattaji, wal makhsusi bimukjizatil isra’ wal mi’raji, wa ‘ala alihi washohbihi wa barik wa sallim) kepada para jamaah. “Insya Allah maqbul,” ungkap beliau.

“Sebagai panitia, saya sangat bersyukur karena acara pada malam hari ini berjalan dengan lancar hingga selesai,” ujar Rizqia Alvi lega. Semoga barokah dan hikmah pengajian kali ini dapat menjadi pijakan kita semua dalam beramal sehari-hari. (Miful/HH)

RMI XVI: Diikuti 83 Pondok Pesantren Se-Banyuwangi, YPP MU masuk 10 Besar

Previous article

MI Miftahul Ulum Raih Juara III Turnamen Bola Voli se-Kecamatan Wongsorejo

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita