Features

IN MEMORIAM RODDAD ERA 90-AN

0

Penulis: Ustd. Nur Hidayati, S.Pd.*

Hhhhhuuuuu…. Riuh reda sorak sorai tak dapat diredam. Miftahul Ulum kemarin malam (Kamis, 07/02/2019) bergema dengan parade sholawat. Keluarga besar Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) sejukkan hati dengan senandung pujian pada Sang Baginda. Bersama-sama mengenang memori indah bersama anggota jam’iyah, Jam’iyah Hadrah Misbahus Surur.

Bukan hanya sekali ini YPPMU menggelar parade sholawat, akan tetapi hal yang luar biasa pada parade kali ini dengan melibatkan para alumni tahun 90-an. Mereka dengan ragam profesi baru diundang hadirkan  ke atas pentas utama untuk bersama-sama menampilkan ruddad sebuah lagu sholawat.

Awal mulanya, tampilan mereka masih tampak ragu-ragu. Lambat laun, sambil menikmati alunan sholawat yang dipimpin oleh Ust. Abu Hasan Zain mereka mengalir mengikuti irama. Wajah-wajah mereka berbinar, indahnya bersholawat sambil memutar kenangan.  Kenangan sebagai vokalis, kenangan sebagai pe-ruddad. “Asli todus (aslinya malu),” ujar Ust. Nur ketika dijumpai penulis saat turun dari panggung.

Kekompakan mereka tampil di atas panggung ternyata hanya berbekal bayangan masa lalu. Sebelumnya, tidak pernah berlatih sama sekali. Menurut penuturan Ust. Hariyanto, beliau ditunjuk oleh panitia saat di bawah terop. Bisa dikatakan, ini moment kejutan. “Luar biasa, ternyata dikala aroddad itu dapat menambah rasa mahabbah pada Nabiyuna Muhammad Saw. Selain itu, juga mengingatkan pada sosok KH. Ach. Djazari (Alm. Pendiri YPP MU), alm. Gus Zahri, Alm. Ust. Sunari, dan alm. K. Asmoni selaku pendiri dan penasehat Hadrah Misbahus Surur. Nancep ka ate (menancap ke dalam relung hati),” papar Ust Hariyanto, S.Pd.I meluapkan perasaan bahagianya.

Beberapa anggota yang berkesempatan tampil pada malam ini merupakan pengurus YPP MU sendiri diantaranya, Sekretaris yayasan (Ust. Muhammad Nur, S.Pd.I), Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran (Ust. Sudawi, S.Pd.I), dan Kepala Bidang Kepesantren (Ust. Hariyanto, S.Pd.I). Adapun 7 orang lainnya adalah ustadz dan alumni YPP MU yaitu, Ust. Sudarsono, S.Pd.I, Ust. Buhari, S.Pd.I, Ust. Rudi Hantono, S.Pd.I, Hasan Basri, Salman Al-farizi, Moh. Ali Wafa, dan Suhrawi. *) Penulis adalah santri aktif Asrama Putri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak

DAUROH AL-QUR’AN MENINGKATKAN WAWASAN GURU YPP MU

Previous article

JAMAAH BERDUYUN-DUYUN HADIRI HAUL MAJEMUK DI YPP MU

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Features