Berita

MARKET DAY, Berwirausaha Ala Siswa

0

Bengkak, MIFUL News – Banyak macam kegiatan di sebuah lembaga pendidikan yang patut diapresiasi. Salah satu lembaga swasta di kecamatan Wongsorejo yang patut diacungi jempol karena kegiatan kreatifnya adalah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum (MAMU). Senin, 15 Maret 2021, MAMU gelar Market Day. Market Day adalah Hari Pasar lembaga, spesial oleh siswa dan siswi kelas akhir.

Kegiatan Market Day ini rutin diadakan setiap tahunnya. Ujian Praktik yang menjadi salah satu ujian wajib siswa siswi kelas akhir, memunculkan ide guru MAMU dalam praktik kewirausahaan (KWU) peserta didik. Dalam kegiatan ini, peserta didik ditugaskan untuk menjadi wirausaha jangka sehari. Berbagai jajanan kuliner, makanan ringan dan berat, khas remaja masa kini tersedia disana.

“Setelah kegiatan ini, mereka juga diminta laporan proses kewirausahaannya, mulai dari laporan keuangan, seperti laba rugi dan lain-lainnya selama berjualan, jadi, semuanya harus dilaporkan,” tutur Bapak Akhmad Sairozi, SE, selaku pengampu mata pelajaran KWU sekaligus pendamping kegiatan tersebut.

Sejak pukul 09.00 WIB semua stand penjualan siap memasarkan produk-produk hasil karya masing-masing kelompok, hingga halaman MAMU tampak seperti pasar di siang itu. Banyak pelanggan dari mayoritas siswa kelas 10 dan 11, bahkan dari lembaga lain yang datang untuk meramaikan Market Day MAMU. Selain itu, sebagian dewan asatidz yayasan juga turut berpartisipasi dalam hal ini. Mereka menyempatkan datang, mengisi jam istirahatnya sebagai konsumen di Market Day MA.
Bapak Rudi Hartono, S.Pd,I, salah satu pelanggan dari golongan guru, siang itu mengungkapkan inisiatifnya untuk kegiatan kewirausahaan ini.
“Menurut saya, alangkah lebih menarik jika Market Day ini ditempatkan di luar area madrasah. Selain lokasinya yang lebih strategis untuk dijangkau pelanggan luar, hal ini akan menarik perhatian para masyarakat sekitar madrasah sehingga dapat bernilai mempromosikan lembaga sekaligus.”

Antusiasme siswa-siswi, peserta Ujian Praktik siang itu lebih tampak daripada biasanya. Mereka menyajikan barang jualannya dengan sigap dan rapi, saling membantu antarkelompok, dan bersikap ramah terhadap pelanggan. “Ujian Praktik hari ini, amat menyenangkan. Kami banyak mendapatkan pengalaman bersama teman seangkatan. Dari proses awal mengolah, sampai memasarkan karya sendiri, semuanya terasa berkesan di sini,” ujar Hanin Syarifah, salah satu peserta dari kelas IPS. (Miful/NIR)

HOMESTAY, Mengabdi Ke Masyarakat

Previous article

FIELD TRIP BIOTEKNOLOGI PANGAN, Isi Pembelajaran Akhir Tahun MAMU

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita