Berita

Operasi Katarak Gratis, YPP MU Mulai Tahap Screening

0

Penulis: Ustd. Siti Maryam, M.Sos

Bengkak, MIFUL News – Screening mata awal yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 15 Desember 2023 merupakan tahap awal dari kegiatan bakti sosial Operasi Mata Katarak. Kegiatan tersebut rutin diadakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) Bengkak dalam rangkaian kegiatan Haul Majemuk para masyayikh.

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk membantu masyarakat mendeteksi gangguan pada indra penglihatan. Kali ini (tahun 2023) sebanyak 105 peserta telah mengikuti tahap screening. Hasilnya, 25 peserta yang positif katarak dan akan dilanjutkan prosedur operasi lanjutan, sedangkan 80 peserta yang lain hanya diberikan obat untuk meredakan gejala sakit mata ringan.

Adapun rencana tindakan operasi akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Januari 2024 mendatang di RS Nahdlatul Ulama Banyuwangi sebagai lembaga mitra dalam kegiatan ini. Alhamdulillah semua peserta dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini. Mereka merasa mendapatkan secercah harapan untuk terus melihat keindahan dunia ini, belum terlambat untuk mengobati dan mencegah gangguan mata katarak.

“Saya antusias sekali untuk ikut operasi katarak ini, karena mendengar informasi dari peserta sebelumnya kalau operasi katarak di YPP MU sangat bagus dan 100% gratis,” tutur Suhato, salah satu pasien dari Wongsorejo. “Terima kasih untuk YPP MU karena kegiatan ini sangat membantu kami yang terkena penyakit katarak dan tidak mampu untuk berobat apalagi untuk operasi,” ungkap Halimah, Pakistaji Kabat.

Bukan hanya peserta yang positif katarak merasa terbantu dengan kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh YPP MU, tetapi pasien yang negatif katarak juga merasa bahagia dan terbantu. “Saya bersyukur diberi kesempatan ikut screening mata di YPP MU karena saya bisa periksa dan diberi obat pencegahan dengan gratis,” tutur Sa’i.

Pihak panitia dari YPP MU juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada lembaga dan seluruh pihak yang mendukung kegiatan tersebut, yakni Klinik Mata Tritya Surabaya dan RS Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Demikian pula para tenaga ahli yang nantinya akan menangani dan menjamin keselamatan selama tindakan operasi, yaitu dr. Armanto Siduhutomo, Sp.M, dr. Heni Riyanto, Sp.M, dr. Siswi Hapsari W, Sp.M.
Selain lembaga tersebut, kegiatan operasi katarak III ini juga turut didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI Cabang Jawa Timur), PCNU Banyuwangi, IKSSAMU, dan KAGUM.

Semoga semua tahapan nantinya akan berjalan dengan lancar dan sukses. Aamiin.

Nyekar Kubro, Salah Satu Bentuk Cinta Kita Kepada Masyayikh YPP MU

Previous article

Ziarah dan Tour Religi YPP MU, Tata Niat Mantapkan Hati

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita