Berita

PULANG TAPI TAK LIBUR

0

Penulis: Ustd. Nur Hidayati, S.Pd

Bengkak, MIFUL News – Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) pulangkan santri lebih awal. Pulang kali ini tidak bisa dikatakan liburan. Tugas dan rutinitas sehari-hari tetap harus dilaksanakan dari rumah dengan pantauan orangtua, pengurus, guru, dan pengasuh.

Sejak menyebarnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan keadaan makin tidak terkendali, banyak pesantren pulangkan santrinya ke kampung halaman, tidak terkecuali YPP MU. Kebijakan tersebut pastilah dengan menimbang kemaslahatan bersama.

Kemarin pagi (Rabu, 01/04/20), Majelis Pengasuh, Kepala Bidang Kepesantrenan, pengurus yayasan dan pengurus asrama melepas kepulangan santri putri di YPP MU. Penjemputan diatur sedemikian rupa untuk menghindari perkumpulan massa. Pengurus asrama juga mengatur jadwal penjemputan sesuai zona daerah termasuk menyediakan transportasi khusus untuk mengantar santri yang dari luar pulau. Pukul 15.00 WIB sore hari, 154 santri sudah konfirmasi di chat room Whatsapp bahwa mereka sudah sampai di rumah masing-masing.

Dilanjutkan jadwal pulang santri putra pada hari ini (Kamis, 02/04/20). Sama seperti hari sebelumnya, para santri lebih dulu sowan pesarean pengasuh I lalu sowan pada majelis keluarga. Selanjutnya, santri langsung pulang bersama walinya sesuai jadwal penjemputan usai disemprot disinfektan.

“Pulang bukan berarti libur. Harus tetap nyambung ke pesantren, walaupun hanya via online,” pesan pengasuh pada seluruh santri. Beliau menginginkan agar pengurus asrama dan pengurus yayasan bekerjasama untuk memfasilitasi santri guna bisa tetap mengaji dari rumah masing-masing.

Kepala Bidang Kepesantrenan, Ust. Hariyanto, S.Pd.I sangat berharap para wali santri dapat mendampingi proses belajar anak selama masa kepulangan. Menurutnya, wali santri harus mampu menjaga keistiqomahan yang sudah menjadi rutinitas santri selama di pondok. “Dua bulan di rumah, mulai sekarang hingga usai lebaran bukan hal yang mudah untuk menjaganya,” ungkap beliau. Namun, pengurus dan pengasuh yakin bahwa santri YPP MU dapat menjaga amaliah yang baik, menjadi kebanggaan keluarga, dan maslahat bagi umat.(Miful/NH)

BAROKAH ITU NIKMAT

Previous article

Mengenang Amaliyyah Ulama Salaf

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita