Berita

RAPORTAN MADIN MIFTAHUL ULUM, Fara Raih Nilai Summa Cumlaude

1

Penulis: Mahrus

Bengkak, MIFUL News– Sekali lagi juara umum Madrasah Diniyah (Madin) Miftahul Ulum B-05 Bengkak Wongsorejo Banyuwangi meraih nilai mumtaz. Tidak hanya sebatas mengharukan, tetapi pencapaian sang juara juga melambungkan harapan semua orang akan tumbuhnya tunas masa depan yang menjanjikan.

Madin Miftahul Ulum, salah satu lembaga di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) ini telah usai menggelar acara pembagian rapot. Semua santri tampak sangat antusias menyambut momen mendebarkan atas penerimaan hasil ujian triwulan kedua atau disebut Imtihan Dauri II (Imda II). Acara tersebut bertempat di Masjid Nurul Ulum pada hari Sabtu, 23 Desember 2023. Turut hadir Pengasuh YPP MU, Majelis Keluarga, dan para asatiz/asatizah, serta ratusan santri MADIN MU dari kelas shifir hingga kelas 6.

Rohman Maulana Ishaq sebagai pemandu acara memulai tepat pukul 14.00 WIB dengan pembacaan Surah al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Madin Miftahul Ulum. Dalam sambutan tersebut Ust. Asmoni, S.Pd.I mengungkapkan harapan kepada seluruh siswa, khususnya yang banin. “Ilmu itu didatangi, bukan mendatangi. Oleh karena itu, jadi santri harus lebih giat dan serius lagi dalam mencari ilmu,” himbau beliau.

Pada acara selanjutnya mauidhoh hasanah yang disampaikan langsung oleh Pengasuh YPP MU KH. Moh. Hayatul Ikhsan, M.Pd.I.  “Kita mencari ilmu bukan hanya sekedar mencari kepandaian, tetapi bagaimana dengan ilmu ini kita menjadi orang yang lebih baik dan berakhlaq baik. Salah satu tanda kebaikan itu ialah dengan menaati aturan pondok dan madrasah,” tausiyah Abuya.

Tanpa mengurangi kekhidmatan acara, pengumuman peringkat kelas mulai dibacakan oleh Ust. Suyono, S.E.  Raut wajah para juarawan tampak berseri-seri menerima penghargaan dari wali kelas masing-masing. Adapun santri yang lain mulai beragam mimik mukanya, ada yang sedikit kecewa belum mampu jadi juara. Sebagian terlihat khawatir raportnya tidak terselematkan dari nilai merah (nilai santri yang belum memenuhi standar kriteria kelulusan minimal ditulis menggunakan tinta Merah). Adapula yang turut berbahagia melihat teman sekamar atau sahabatnya meraih juara.

Namun, beragam ekspresi itu kemudian kembali menjadi satu ketika kriteria sang juara umum mulai dibacakan oleh Ust. Hariyanto, S.Pd.I. Dari sekian kriteria yang diumumkan, satu yang paling menakjubkan adalah nilai mumtaz, tam, summa camlaude, alias perolehan nilai 10 pada semua mata pelajaran dari skor 1-10. Tidak menyisakan celah sedikitpun, sang juara menjawab tuntas semua soal Imda II dengan benar dan tepat. Hal ini semakin meyakinkan karena korektor dan penilai hasil ujian bukan dari kalangan ustaz atau ustazah intern Madin Miftahul Ulum B-05, tetapi langsung dikoreksi dan dinilai oleh tim dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan selaku madrasah induk.

Santri hebat yang bersinar bagai bintang pada hari ini adalah murid di kelas 4 banat, Fara Auliyatul Azizah binti Astimo asal Bengkak. Kepadanya dianugerahkan penghargaan sebagai Juara Umum serta mendapat piagam dan hadiah yang diserahkan langsung oleh Ketua I YPP MU, Abuya Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. Selamat berlibur sejenak, semoga besok di Imda III semua santri dan guru Madin Miftahul Ulum B-05 semakin bersemangat dan istiqomah. Aamiin.(Miful/MA)

Ziarah dan Tour Religi YPP MU, Tata Niat Mantapkan Hati

Previous article

EMANG BOLEH BEGINI

Next article

You may also like

1 Comment

  1. ربناانفعنا بما علَّمتنا وعلِّمنا الذي ينفعنا وزدنا علما والحمدلله على كل حال آمين

Comments are closed.

More in Berita