Berita

Sukses Gelar Khataman dan Uji Publik: TPQ MU Umumkan 11 Juara Terbaik

0

Bengkak, Miful News – Gemuruh tegap langkah kaki para paskibraka diiringi lantunan merdu doa al-Qur’an mengawali acara khataman dan imtihan pembelajaran al-Qur’an metode ummi Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Tepat pada pukul 20.00 WIB pada Malam Selasa, 21 Juni 2022 YPP MU menggelar sebuah acara yang bertajuk Khataman dan Uji Publik al-Qur’an Metode Ummi tahun 2022.

Acara ini merupakan kegiatan rutin YPP MU setiap tahunnya. Kegiatan ini sendiri bertujuan mempublikasikan kemampuan hafalan dan kemampuan dalam membaca al-Qur’an secara baik sesuai dengan pembelajaran al-Qur’an dengan Metode Ummi. Acara uji publik tahun ini diikuti oleh 21 siswa angkatan ke-5 tingkat hubbul al-Qur’an, 7 siswa angkatan ke-6 tingkat tartil dan 8 siswa angkatan ke-5 untuk tingkat tahfidh. Acara ini dipunggawai langsung oleh para asatidz Taman Pendidikan al-Quran Miftahul Ulum (TPQ MU).

Direktur TPQ MU Ust. Rudi Hartono, S. Pd. I menyampaikan bahwa support paling penting untuk membangkitkan semangat para peserta didik dalam mempelajari al-Quran adalah orangtua. “Kesuksesan malam ini adalah buah dari kerja keras dan dukungan banyak pihak, terutama majelis keluarga YPP MU, para guru, dan tak lupa juga dukungan orangtua,” ujar beliau dalam sambutannya.

Memasuki acara inti Ust. Lutfi Bahrul Ulum, S.Pd. selaku pemandu acara sangat apresiatif dengan kemampuan para peserta uji publik yang dapat menjawab dengan lancar pertanyaan demi pertanyaan dan tantangan yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan gemuruh suara tepuk tangan para hadirin yang hadir.

Kehidmatan dan keharuan acara juga nampak pada acara ini, yakni di moment saat seluruh peserta uji publik menuruni pentas untuk bertemu dan meminta doa kepada para orangtua mereka masing-masing. “Ya Allah jagalah anak-anak kami karena Engkau sebaik-baiknya penjaga, lidungilah mereka dari segala keburukan karena Engkaulah sebaik-baiknya pelindung, dan jadikanlah mereka insan pecinta al-Qur’an serta mulyakanlah mereka karena al-Qur’an,” doa yang disematkan oleh Ust. Lutfi selaku Trainer al-Qur’an Metode Ummi.

Antusiasme masyarakat yang hadir menambah kemeriahan acara ini. “Saya sangat bangga dan bahagia anak saya bisa mengikuti uji publik pada tahun ini, kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kemampuan membaca al-Qur’an para murid YPP MU. memang patut diacungi jempol dan bukan settingan belaka,” tutur Bapak Abdul salah satu wali murid dari peserta uji publik.

Terpilih 11 juara terbaik munaqasyah metode ummi tahun 2022. 4 juara terbaik dari tingkat Hubbul Quran yakni, Azzahwa Ayu Rachmansyah, Mirza Ukail Alhariez, Ahmad Abbas Musyawer, dan Yasilatul Amanah. 1 juara terbaik dari tingkat tartil yakni Qisthy Saufa An-Nurany. 1 juara terbaik dari tingkat tahfid juz 30 yaitu Ely Novita Sari. 5 juara terbaik dari tingkat tahfidh juz 1 yakni, Fajrin Nabila, Anita Yuni Sara, Rofiul Hakimah, Nur Maisilsilah, dan Cholilur Rohman.

Sebelum acara diakhiri, Abuya juga memberi sedikit wejangan. Beliau berdawuh, “harta yang paling berharga kelak adalah anak-anak kita. Dan al-Qur’an lah sebaik-baiknya bekal dan azimat”. Kemudian acara ditutup dengan doa, yang dilantunkan oleh Abuya Taufiqur Rahman, S.Pd.I selaku Ketua 3 YPP MU. Semoga kita semua dijadikan orang-orang yang mencintai dan dicintai al-Qur’an. Amin (Miful/PNW)

Ustd. Putri Nura Wati, S.Pd
Mengenyam pendidikan RA sampai MA di YPP Miftahul Ulum. Alumni Miftahul Ulum tahun 2015. Pengelola Program Orangtua Asuh YPP MU (2019-kini). Alumni Tadris Bahasa Inggris IAIN Jember tahun 2019. Mahasiswa aktif Pascasarjana UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Mengabdi di MTs Miftahul Ulum bidang study Bahasa Inggris.

CALON ISTRI

Previous article

AKHIRI KINERJA TAHUNAN: YPP MU Helat Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan & Keuangan Tahun Anggaran 2021/2022 M

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Berita