Berita

UPGRADE KOMPETENSI GURU LEWAT JURNALISTIK

0

Penulis: Ustd. Siti Nur Annisa’

Bengkak, MIFUL News – Kompetensi seorang guru harus selalu di-upgrade. Salah satu langkah yang dilakukan Raudlatul Athfal Khadijah 46 (RAJA 46) Bengkak ialah mengikuti pelatihan jurnalistik dan desain grafis yang dimentori oleh Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudlatul Athfal (PD IGRA). Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari yakni dari hari Senin, Selasa, dan Rabu pada tanggal 13-14 dan 15 Mei 2024.

Pelatihan tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi (Rabu, 15/05/2024). Puluhan orang guru RA mengikuti pelatihan dengan semangat sekali. Selain Pengurus PD IGRA, juga turut serta Hj. Ro’tul Marfu’ah, S.Pd selaku Ketua PD IGRA Banyuwangi mendampingi dalam kegiatan ini.

Ustadzah Siti Aisyah, S.Pd.I memulai pelatihan dengan pembacaan surah al-Fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars IGRA. Selanjutnya, sambutan hangat dari Ketua PD IGRA. Beliau menyampaikan harapan agar para guru gemar membaca dan menulis sebagai salah satu bentuk pengabdian. ”Jasmani rohani sehat, menebar manfaat yang maslahat demi guru RA yang bermartabat,” ajak semangat beliau.

Selanjutnya, materi dasar kepenulisan dipaparkan oleh Mas Dedi Jumhardiyanto, S.H dengan sangat gamblang. Ada tiga kunci dasar yang harus dimiliki oleh calon penulis atau penulis pemula. “Banyak membaca, banyak diskusi, dan banyak menulis. Tiga hal ini dilakukan maka akan terasa mudah menulis,” demikian anjuran Mas Dedi.

Di akhir sesi, Mas Dedi yang memang sudah lama berkecipung dalam dunia jurnalistik memberikan tips-tips mudah menulis untuk para pemula. Diskusi semakin aktif, peserta pelatihan ungkapkan kendala-kendala yang mereka alami untuk memulai tulisan. Beberapa hal yang menjadi sebab kegagalan tulisan menjadi tidak rampung hingga akhir mereka uraikan, di antaranya ialah kesusahan untuk menyusun kalimat dikarenakan minimnya diksi yang dikantongi.

Demikian kegiatan pelatihan pagi ini. Anda juga ingin menulis? Pengen tahu rahasia pandai menulis? Mari belajar bersama! Selamat menulis! (Miful46/SN)

MALAM NISFU SYA’BAN

Previous article

RA MU Gelar Pramuka Pra Siaga Pertama di Kecamatan Wongsorejo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita