Artikel

Yuk Merajut! Merajut itu Mudah!

0

Oleh: Ustd. Maria Ulfa, M.Si *

Mungkin banyak orang yang sudah tahu mengenai produk rajut karena produk rajut sudah banyak beredar dipasaran, baik secara online maupun offline. Pilihan produk rajutpun beragam, mulai dari accessories, seperti bros, jepit rambut, gelang dan lainnya sampai produk wearables, seperti syal, sweater, rompi, sarung tangan, pakaian bayi, dan lainnya.

Mungkin anda, kerabat ataupun teman anda sudah ada yang memiliki salah satu produk rajut. Akan tetapi, peminat merajut tidak sebanyak peminat produk rajut. Begitu pula yang terjadi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum (MA MU), ekstrakurikuler merajut memiliki peminat yang sangat sedikit dibandingkan dengan beberapa ekstrakurikuler yang lain. Ketelitian, ketelatenan, dan kesabaran yang dibutuhkan saat merajut, yaitu mengaitkan benang melalui tusukan dengan jarum rajut mengikuti pola tertentu. Hal tersebut juga sering menjadi alasan para peserta didik tidak berminat untuk belajar merajut, Padahal sangat mudah untuk belajar merajut.

Belajar merajut tidak perlu kursus atau guru khusus. Anda bisa belajar secara otodidak dari buku atau mencari referensi dari internet melalui google maupun youtube. Penulispun belajar merajut secara otodidak dan ternyata bisa. Alat dan bahan rajut juga mudah didapat dengan harga terjangkau.

Menariknya, selain bisa dijadikan hobi, merajut juga bisa menjadi peluang bisnis. Hasil rajutan yang merupakan handmade selain banyak peminatnya juga berharga mahal. Memang ada produk rajut yang dihasilkan oleh mesin, tetapi produk rajut handmade memiliki pattern (pola) lebih bervariasi dan unik sehingga lebih banyak peminatnya seperti halnya produk craft handmade lainnya. Walaupun merajut sekedar dijadikan hobi tetap dapat memberikan keuntungan. Anda dapat menentukan projek rajut yang akan diselesaikan menggunakan bahan benang rajut pilihan sesuai keinginan anda. Hal ini tentu akan lebih murah daripada membeli produk rajut yang sudah jadi.

Selain dapat memberikan keuntungan secara finansial, merajut juga bisa memberi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari Informasi BSD City bahwa ada tujuh manfaat merajut untuk kesehatan di antaranya, yaitu pertama, anti depresi alami karena kegiatan merajut dapat mengaktifkan bagian otak yang memicu pelepasan dopamine, yang merupakan salah satu sel kimia dalam otak yang sering didapuk sebagai anti depresi alami.

Kedua, pelepas lelah tubuh setelah melakukan kegiatan. Setelah lelah beraktivitas merajut dapat memberikan efek yang baik pada tubuh. Gerakan berulang yang dilakukan dengan santai saat merajut dapat menenangkan, tidak hanya untuk kinerja otak melainkan juga untuk tubuh. Hal ini disebabkan gerakan berulang tersebut mendatangkan relaksasi pada otak yang memberikan efek positif juga pada penat tubuh. Ketiga, perangsang motorik yang baik karena stimulasi yang didapat dari merajut meliputi hampir seluruh bagian otak, dimulai dari perencanaan yang membutuhkan konsentrasi, informasi navigasi, informasi visual, memori, dan motorik.

Manfaat terpenting merajut ialah sebagai penghalau galau. Pada dasarnya merajut adalah sebuah kegiatan yang dapat menyita konsentrasi seseorang layaknya olahraga atau pekerjaan lainnya. Dengan memusatkan perhatian pada suatu hal yang disukai, akan tercipta suatu kondisi mental yang tenang dan jauh dari rasa galau.

Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari merajut, bisa menjadi pemicu untuk anda menjadikan merajut sebagai hobi baru. Merajut juga bisa dilakukan di rumah saja untuk menambah kegiatan selama diam di rumah saja seperti yang disarankan oleh pemerintah untuk WFH (Work From Home) serta physical distancing sebagai upaya mencegah penyebaran wabah covid-19 saat ini. Akan tetapi, bukan berarti merajut tidak bisa dilakukan di luar rumah bersama dengan beberapa orang bahkan jika dikerkajan bersama-sama akan lebih asyik.

MA MU adalah salah satu lembaga yang memiliki ektrakurikuler merajut. Berapa siswa belajar merajut Bersama setiap kegiatan ektra dilakukan. Jadi, bila kamu adalah remaja lulusan SMP/MTs dan ingin belajar merajut atau membutuhkan bimbingan merajut. Mari bergabung dengan kami di MA MU. Belajar merajut bersama-sama sangat menyenangkan dan bisa saling memotivasi. Mudah-mudahan kita semua bisa melestarikan kegiatan yang produktif seperti merajut ini. Amin.

*) Penulis adalah guru MA Miftahul Ulum; Kepala Bagian Pendidikan Formal YPP MU

+7

PDNU DAN MITIGASI COVID-19

Previous article

BISAKAH SEORANG IBU DISEBUT GURU?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Artikel