Risalah Cinta Ning Evi Ghozaly

MENGELOLA PESANTREN KAMPUS

1

Kami bersahabat sejak tahun 1991, saat sama-sama sebagai mahasiswa baru di UIN Maulana Malik Ibrahim yang dulu bernama IAIN Sunan Ampel Malang. Sekelas terus, sampai wisuda. Kami sering berdebat untuk satu dua tema, tapi karena Gus Isy lebih pintar dari saya, ya saya harus ngaku kalah dan berakhir manut pada ngendikannya 😅

Setelah 30 tahun, baru kali ini kami bisa berbincang serius untuk tema yang sangat menarik, “The Real Pesantren” Ma’had UIN Maliki Malang. Karena masih PPKM, lewat zoom aja, Gaes.

::

Dr. KH. Isyroqun Najah Achmad, M.Ag. Iya, panggilan populernya, Gus Isy. Masih seperti dulu. Beliau sangat ramah. Gaya bicaranya bernas. Ringkas dan tajam, penuh arti. Banyak inti. Caranya menjelaskan hal penting, selalu runut dengan pilihan kata yang mudah dipahami. Sesekali diselingi dalil dan humor segar. Masih seperti dulu. Apa adanya tanpa pencitraan, tapi tetap santun dan bermartabat.

Bedanya, sekarang Gus Isy sangat sibuk. Selain menjadi wakil rektor III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, beliau juga menjadi wakil ketua MUI, ketua forum wakil rektor III PTKIN se Indonesia, wakil ketua LTNU PBNU dan ketua Tanfidziya MWC NU Malang. Satu lagi, bersama istrinya yang cantik dan hafal Al Quran, beliau mendirikan dan mengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Nurul Huda, Joyo Malang. Saking sibuknya, susah dapat balesan WA sampai jadwal wawancara sempat mundur. Pantesan ya, Gus Isy dinobatkan jadi manusia yang paling dicari…eh menginspirasi ding. The Most Influential Figure Malang Raya 2020.

::

Berapa santri Ma’had UIN Maliki Malang sekarang, Gus? Empat ribu. Program andalan? Al Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, kitab turats dan praktik ibadah sebagai bekal mahasiswa turun ke masyarakat nanti.

Bagaimana mengatur waktu mahasiswa agar tetap bisa mengikuti kuliah dan menjalani kewajiban sebagai santri? Ustadz, murabbi dan musyrifnya dari mana? Ada banyak mahasiswa santri dari luar negeri, berapa lama menyesuaikan dengan kultur Ma’had kampus? Fasilitasnya? Makannya?

::

Nah, bagi yang ingin mengirimkan putra putrinya kuliah di UIN Malang atau yang ingin tahu seluk beluk mengelola pesantren kampus, ikuti tayangan Kiswah hari ini ya, Ahad 1 Agustus 2021 pkl 16.30.

Sahabat kuliah seangkatan dan para santri, bisa mendengarkan Gus Isy juga lho nanti, sekalian reuni. Yuk.

BIJAK BERMEDSOS

Previous article

TEMPE MENJES

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Masya-Alloh… Kerreeen…

Comments are closed.