Poskestren Az-Zuhroh

WAKILI BANYUWANGI, AZ-ZUHROH MU IKUTI LOMBA SELEKSI POSKESTREN SE-JAWA TIMUR

0

Penulis: Ustd. Astutik Maimuna, S.Pd.

Banyuwangi, MIFUL NewsEsok hari, Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Az-Zuhroh akan maju mengikuti seleksi di Tingkat Jawa Timur. Poskestren di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (YPP MU) dalam bimbingan Puskesmas Wongsorejo tersebut mewakili 143 Pesantren di Kabupaten Banyuwangi.

Dalam acara ini, ada sebanyak 38 Poskestren dari 38 Kabupaten di Jawa Timur yang akan bersaing, dalam kategori Poskestren terbaik se-Jawa Timur. Kemudian akan dipilih enam Poskestren terbaik yang akan di nilai oleh tim penilai Lintas Program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama (PWFNU) Jawa Timur. Penilain selesksi admistrasi akan dilakasanakan pada tanggal 23-25 September 2019 dan hasil seleskai akan ditetapakan pada tanggal 27 September 2019 melalui surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, Verifikasi lapang akan dilaksnakan pada tanggal 1-11 Oktober 2019 tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Setelah itu, akan diumumkan pemenang dan pemberian hadiah lomba pada hari jadi santri atau hari Kesehatan Nasional tahun 2019.

Beberapa bulan lalu, saat menghadiri pertemuan poskestren di Dinas Kesehatan (DINKES) Banyuwangi. Poskestren Az-Zuhroh menerima tawaran untuk mewakili Kabupaten ke level Provinsi. Tentu bukan hanya sekedar tawar-menawar. Akan tetapi, sejak saat itu Poskestren Az-Zuhroh rutin mendapatkan pembinaan dari Puskesmas Wongsorejo dan dipantau langsung oleh DINKES Banyuwangi.

Tawaran itupun datang dikarenakan Poskestren Az-Zuhroh sudah terbukti sangat aktif dalam pengelolaannya bahkan beberapa kegiatan yang dilakukan juga melibatkan Yayasan dan masyarakat sekitar. “Kegiatannya bagus dan inovatif. Santri Husadanya juga kreatif,” ungkap Ibu Ina Andriatul, Ina Andriatul, S.Kep, MPH selaku Pengelola Program Promosi Kesehatan Dinas Banyuwangi. Beliau berharap Santri Husada terus mengembangkan kegiatan pemberdayaan santri untuk mewujudkan Pondok Pesantren sehat. Harapan ini beliau sampaikan pada saat berkunjung ke Poskestren Az-Zuhroh bersama tim penilai dari DINKES Banyuwangi pada hari Jum’at tanggal 13 September 2019 yang lalu.

Pada kunjungan tersebut, tim dari DINKES Banyuwangi melakukan verifikasi data dengan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Poskestren Az-Zuhroh. Mereka juga menyurvei langsung ke Asrama santri (banin-banat), kebersihan kamar mandi, dan pengolaan sampah. Dalam hal ini, mereka juga didampingi oleh Kepala Puskesmas Wongsorejo, Bapak Ns.H.M.Shadiq, S.Kep.M.Mkes “Tetap semangat, optimis, dan selalu siap,” pesannya.

Usai survey lokasi, rombongan sowan ke dhelem pengasuh yang disambut hangat oleh beliau. Bu Nyai Nur Mahmudah, S.Ag juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan cita-cita besar Poskestren Az-Zuhroh. “Semoga barokah, mudah-mudah semua dicatat jadi amal jariyah, hasil seleksi yang didapat sesuai harapan. Aamiin,” sambung beliau. Seleksi administrasi untuk tingkat Jawa Timur akan segera dimulai besok lusa maka kami senantiasa mengharap do’a dari semua pihak, lebih-lebih do’a dari Majelis Keluarga YPP MU. Ungkapan Terimakasih juga kami ucapkan kepada Ibu Yosi Rizky Rinda Purnama, Amd.Keb yang telah membimbing dan mendampingi santri Husada Poskestren Az-Zuhroh untuk mengikuti lomba kategori Poskestren terbaik se-Jawa Timur. Semoga mendapat hasil yang terbaik dan sesuai harapan.(Miful/AMm)

UPGRADE KUALITAS, MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Previous article

You may also like

Comments

Comments are closed.